Model pembelajaran Debat Zig-Zag

Debat Zig-Zag

Model pembelajaran debat memiliki banyak variasi. Berikut ini saya bagikan model debat zig-zag yang pernah saya praktekkan di kelas dan hasilnya sangat efektif serta dinikmati oleh siswa. Langkah-langkahnya adalah sbb:


  1. Pilihlah topik yang cocok diperdebatkan. 
  2. Bagi siswa di kelas menjadi dua kelompok besar.
  3. Aturlah meja dan kursi saling berhadapan, kelompok pro menghadap kelompok kontra.
  4. Beri waktu 15-20 menit untuk siswa mempelajari dan mendalami topik yang akan diperdebatkan. Masing-masing kelompok diarahkan untuk fokus pada masing-masing sudut pandang, yakni pro dan kontra.
  5. Guru berperan sebagai moderator sekaligus juri. Bisa juga siswa ditugaskan untuk melaksanakan peran itu. 
  6. Debat ini dibagi 3 sesi, yaitu pertama, setiap siswa menyampaikan argumen. Kedua, dibuka kesempatan interupsi bebas secara acak. Ketiga, menyusun kesimpulan.
  7. Selanjutnya siswa akan saling berdebat. Siswa yang memulai debat adalah siswa kontra yang duduk di kursi pertama depan. Waktu yang diberikan tiap siswa adalah 1 menit. Selesai siswa kontra yang pertama menyampaikan argumennya, maka siswa pro yang pertama akan menyampaikan sanggahan.
  8. Disebut debat zig-zag karena secara zig-zag di tempat duduk masing-masing setiap siswa akan saling menanggapi atau berdebat sampai semua siswa mendapatkan giliran. Siswa kontra 1 disanggah oleh siswa pro 1, lalu siswa pro 1 akan disanggah oleh siswa kontra 2 dan seterusnya.
  9. Setelah sesi pertama selesai, maka masuk pada sesi kedua yang mana siswa bisa menyampaikan interupsi secara acak terhadap argumen lawan.
  10. Setelah waktu yang diberikan untuk interupsi selesai, maka setiap siswa ditugaskan untuk membuat kesimpulan atas materi yang dibahas berdasarkan apa yang mereka dapatkan dari kegiatan debat tersebut.
  11. Untuk waktu debat silahkan diatur sesuai kebutuhan atau kondisi yang ada.
  12. Selamat mencoba!!


0 komentar:

Posting Komentar