Strategi Membangun Tanggung Jawab Siswa dalam Tugas Kelompok

MEMBANGUN TANGGUNG JAWAB SISWA 
DALAM TUGAS KELOMPOK


Tujuan memberikan tugas kelompok antara lain untuk membangun kerjasama dan tanggung jawab. Namun, seringkali ada saja keluhan dari siswa tentang anggota kelompok yang tidak terlibat dan hanya mengharapkan hasil bersama. Cara paling gampang yang biasanya dilakukan oleh guru adalah memberikan nilai yang berbeda di antara anggota kelompok atau bahkan tidak memberikan nilai sama sekali kepada mereka yang tidak bekerja. Tapi muncul pertanyaan, apakah ini membantu menyadari dan mengembangkan tanggung jawabnya? Berdasarkan pengalaman saya ini tidak membantu sama sekali. Saya telah mencobanya dan yang terjadi adalah siswa semakin pasif dan tidak ada perubahan. 

Berdasarkan pengalaman itu, saya mencari cara lain. Cara yang saya lakukan adalah sebagai berikut: 

Pertama, ajaklah siswa untuk tukar pikiran tentang apa saja hal positif yang mereka bisa latih ketika mengerjakan tugas kelompok. Beberapa ide seperti melatih tanggung jawab, kerjasama dstnya akan dikemukakan oleh siswa. Lalu kemukakan tentang persoalan yang terjadi bahwa selama ini hal itu belum terwujud. Masih ada siswa yang belum menyadari dan barangkali mengalami kesulitan untuk berlatih. Setelah diskusi dirasa cukup menggali pemahaman siswa tentang pentingnya tanggung jawab, tanyakan kepada mereka seperti ini: "siapa di antara kalian yang paling sering mengerjakan tugas di dalam kelompok?" Siswa yang mengangkat tangan adalah mereka yang menjadi "penyelamat" dalam kelompok. Tanpa mereka, tugas kelompok tidak akan beres. 

Kedua, katakan kepada siswa-siswa yang aktif itu begini: "Mulai sekarang, kalian akan bekerja secara mandiri atau kalau kalian mau, kalian bisa buat kelompok sendiri. Saya tidak perlu khawatir dengan kalian, karena kalian sudah bertanggung jawab selama ini".

Ketiga, katakan kepada siswa-siswa yang lainnya: "Kalian akan tetap bekerja dalam kelompok. Apabila di antara kalian kedapatan ada yang tidak melibatkan diri, maka orang itu akan dikeluarkan dari kelompok dan bekerja sendiri. Hal ini dilakukan agar yang bersangkutan bisa belajar bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, sehingga ke depan ia bisa bertanggung jawab di dalam kelompok. Apabila ia sudah menunjukkan perkembangan, maka ia akan dilibatkan lagi dalam tugas kelompok. Dengan begitu, semua dapat aktif mengerjakan tugas yang diberikan."

Keempat, dapatkan dukungan siswa dengan berkata, "Sebagai guru, saya ingin kalian berhasil dan saya tahu dengan pasti, kalian juga ingin berhasil, kan? Karena itu kita akan konsisten menjalankan hal ini." Dengan berkata seperti itu, maka dengan sendirinya siswa akan mendukung tindakan anda. 

Selamat Mencoba!!!