Strategi "TANTANGAN BERNILAI"

CHALLENGE 


Adakalanya, siswa begitu malu untuk melakukan sesuatu yang sifatnya 'volunteer'. Penyebabnya adalah rasa malu di hadapan teman-teman sekelas. Misalnya, guru bertanya "ayo, siapa yang bisa membacakan puisi di depan kelas?" atau "siapa yang bisa memberikan kesimpulan dari pembelajaran kita hari ini?" 


Mungkin akan ada siswa yang melakukannya, tapi tidak semenarik kalau anda mengatakan begini, "saya akan memberikan "challenge", siapa yang menerima "challenge" ini, maka akan mendapatkan bonus nilai, seperti kalau ada nilainya yang masih kosong, maka bagian itu akan diisi nilai dari "challenge" yang dilakukan, sehingga ia tidak perlu mengerjakan tugas yang diberikan sebelumnya, atau kalau nilainya sudah lengkap, maka akan dipilih nilai mana yang paling rendah dan akan ditingkatkan."

Ketika anda mengatakan hal ini, anda akan melihat antusias siswa untuk melakukan apa yang anda harapkan. Agar "challenge" ini menarik, berikan saja kesempatan itu untuk 1-2 orang. Jangan banyak, supaya aktivitas seperti ini menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan siswa. 

Oke, Selamat Mencoba!!!


0 komentar:

Posting Komentar