Kita tentu sering menggunakan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran. Tujuan menggunakan metode ini adalah agar siswa dapat melatih kerjasama, mengemukakan pendapat dan tanggung jawab dalam kelompok. Untuk membantu siswa melaksanakan diskusi kelompok secara efektif, maka sebagai guru kita perlu memberikan petunjuk yang jelas. Oleh karena itu, membuat rubrik akan sangat membantu guru dalam penilaian hasil diskusi dan membantu siswa menentukan standar capaiannya.
Keuntungannya bagi guru adalah guru dapat semakin objektif dan transparan dalam pemberian nilai hasil diskusi. Sementara bagi siswa, mereka dapat menentukan sendiri nilai hasil diskusi mereka. Misalnya, kalau ingin mendapat nilai 100 dalam diskusi apa saja yang harus mereka lakukan. Sebaliknya, mereka akan lebih menyadari kekurangan mereka di mana saat diskusi sehingga nilainya rendah.
Berikut saya sajikan contoh Rubrik untuk Diskusi Kelompok (Nilai = Jumlah Perolehan Skor x 100 / Total Skor Maksimal (12). Contoh: Jumlah perolehan skor kelompok adalah 10 x 100 = 1000/12 = 83
No
|
Kategori
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Keterlibatan anggota kelompok
|
semua anggota terlibat dalam diskusi
|
sebagian besar anggota terlibat dalam diskusi dan sebagian kecil tidak
|
sebagian kecil terlibat dalam diskusi dan sebagian besar tidak
|
semua anggota tidak menunjukkan niat dan usaha untuk berdiskusi
|
2
|
Hasil diskusi
|
menjawab semua pertanyaan yang diberikan dengan tepat
|
menjawab sebagian besar pertanyaan yang diberikan dengan tepat, dan sebagian kecil tidak tepat
|
menjawab sebagian kecil pertanyaan yang diberikan dan sebagian besar tidak tepat
|
sama sekali tidak menjawab pertanyaan yang diberikan secara tepat
|
3
|
Ketepatan waktu
|
selesai merumuskan dan mengirimkan hasil diskusi tepat pada waktunya atau lebih awal
|
5 menit terlambat merumuskan dan mengirimkan hasil diskusi
|
10 menit terlambat merumuskan dan mengirimkan hasil diskusi
|
15 menit terlambat merumuskan dan mengirimkan hasil diskusi
|
0 komentar:
Posting Komentar